Visiting Lecture – Pengalaman Belajar yang Penuh Makna

Kamis, 11 Januari 2024, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAI Al-Qolam Malang mengadakan kegiatan visiting lecture. Visiting Lecture adalah kuliah tamu yang mengundang narasumber dari pihak luar serta melibatkan mahasiswa guna mendapatkan ilmu baru. Narasumber dalam acara kali ini adalah ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI Muafi Sampang, Uswatun Hasanah, S.Psi., M.Si.

Visiting lecture ini dihadiri oleh mahasiswa PIAUD semester 1 IAI Al-Qolam Malang dengan tema atau materi “Praktek Pengembangan Fisik dan Motorik Anak Usia Dini”. Pertumbuhan motorik anak melibatkan 2 aspek utama yaitu motorik kasar (seperti berjalan dan berlari) serta motorik halus (seperti menggenggam objek kecil). Pemateri juga menjelaskan bagaimana cara melatih motorik kasar (seperti melempar benda, berlari, dan lain-lain) serta motorik halus (seperti menulis). “Menulis itu yang pertama misinya bukan mengenalkan anak huruf tetapi melatih motorik halusnya dulu, jari-jarinya yang lentur, sebelum kita ngasih mereka bolpoin, pensil, crayon, dan sebagainya.” Tutur Uswatun Hasanah, S.Psi., M.Si selaku pemateri.

Di akhir sesi pemateri mengajak mahasiswa untuk praktek membuat kegiatan bermain untuk melatih motorik anak. Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang mrlakukan kegiatan bermain dengan cara menirukan kucing berjalan, berjalan  secara zigzag, dan lain-lain. Kegiatan kali ini memberikan banyak manfaat, salah satunya peserta mendapatkan wawasan dan pengalaman baru serta dapat melakukan interaksi secara langsung dengan ahli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *